Merawat biola dengan jamur

Blog Widget by LinkWithin

Merawat biola tidak mudah. Namun, peneliti Swiss menyatakan menemukan jalan yang tidak wajar saat meneliti suara dari sebuah replika biola. Mereka menggunakan jamur untuk mendapat suara sebening Biola Stradivarius.


Prancis Schwarze dari Institut Teknologi, Sains dan Material (EMPA) yang berbasis di Zurich, membuat replika biola yang menyamai kualitasnya dengan buatan maestro dari Italia –Antonio Stradivari dari tahun 1698–, yang akan dipresentasikan pekan ini dalam “Forum Inovasi Swiss” di Basel.

Schwarze menemukan perawatan biola yang terbuat dari kayu Maple yang biasa digunakan dengan jamur yang dikenal dengan “Xylaria Longipes”, yang tumbuh di sekeliling pohon. Dengan menggunakan jamur ini untuk membersihkan permukaan biola akan membuat kualitas suaranya menyamai dengan biola asli Stradivarius.

Biola yang terlihat menjadi lebih mengkilap permukaannya itu, setelah dirawt dengan jaur juga akan mampu mengurangi densitas dan improvisasi suara yang dikeluarkan biola. “Suaranya bagus dan memikat,” ujar pembuat biola Micahel Rhonheimer, melihat replika biola itu.

“Saya yakin bahwa perwatan kayu yang dilakukan di EMPA akan meningkatkan kualitas suaranya.” Label: ,
Tentang Penulis
Dini and Anun are addicted to music. Suka menulis tentang musik, menikmati musik, dan memainkan alat musik.

0 komentar:

Poskan Komentar