Aliran musik dan kecerdasan otak

Blog Widget by LinkWithin

Maksudnya dari hubungan antara aliran musik dan kecerdasan otak apa ya?? sebenarnya ini hanya merupakan opini semata menurut saya, jika anda sudah membaca artikel mengenai manfaat musik bagi kesehatan dan juga cara mencerdaskan otak dengan menggunakan google search maka artikel ini merupakan lanjutan dari pembahasan sebelumnya

Disaat mendengarkan musik, khususnya pada musik aliran klasik, dapat menstimulus otak bagian kanan.

Perbedaan teori fungsi otak kanan dan otak kiri telah populer sejak tahun 1960. Seorang peneliti bernama Roger Sperry menemukan bahwa otak manusia terdiri dari 2 hemisfer (bagian), yaitu otak kanan dan otak kiri yang mempunyai fungsi yang berbeda. Atas jasanya ini beliau mendapat hadiah Nobel pada tahun 1981. Selain itu dia juga menemukan bahwa pada saat otak kanan sedang bekerja maka otak kiri cenderung lebih tenang, demikian pula sebaliknya.

Otak kanan berfungsi dalam hal persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau ruang, emosi, musik dan warna. Daya ingat otak kanan bersifat panjang (long term memory). Bila terjadi kerusakan otak kanan misalnya pada penyakit stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi misalnya.

Otak kita distimulus oleh alunan musik klasik yang mengharuskan kita memikirkan langkah langkah alunan musik klasik yang memang sulit ditebak mungkin oleh karena itulah rata rata musisi klasik mempunyai kecerdasan di atas rata rata..

Namun bagaimana dengan aliran musik lain?? menurut saya pribadi pengaruh antara musik dan kecerdasan otak bukan terletak pada alirannya saja.. melainkan terdapat pada aransemen musik itu sendiri..

Umumnya musik yang sering kita dengar di negeri kita ini memiliki aransemen yang simpel dan mudah untuk di cerna, sehingga menurut saya otak bagian kiri kita tidak akan bekerja terlalu keras untuk memahami aransemen musik tersebut, coba bandingkan dengan musik jazz yang dari aransemennya saja sulit untuk di cerna.. atau juga musik musik progresif.

Pergerakan dan perubahan yang lazim terjadi pada musik progresif dan musik jazz memungkin otak pendengarnya bekerja lebih keras untuk memahami kemana arah dari progresinya..

Coba kita simak pada beberapa musisi, pernah dengar nama freddy mercury?? pastinya sudah tahu kan almarhum freddy mercury yang merupakan vokalis band queen dijuluki sebagai salah satu musisi jenius.. perhatikan bagaimana cara dia membuat lagu dan aransemen.. hampir semua lagu queen mempunyai aransemen yang unik dan progresif..

Lalu Dream Theater.. bagaimana dengan aransemen progresif mereka yang sangat sangat sulit dicerna?? padahal mereka adalah kumpulan lulusan dari sekolah musik dan memang mempunyai gelar di bidang musik...

kesimpulannya bahwa musik itu juga bisa mempengaruhi kecerdasan otak seseorang Label:
Tentang Penulis
Dini and Anun are addicted to music. Suka menulis tentang musik, menikmati musik, dan memainkan alat musik.

1 komentar:

HAPIA Mesir mengatakan...

nice info sob.. semangat bloggingnya

Poskan Komentar